Sabtu, 25 Desember 2010

Samsung Wave 525 (GT-S5253) ber-OS Bada

      Samsung Wave 525(GT-S5253), adalah smartphone dengan OS Bada buatan Samsung. Smartphone ini merupakan handset ber-OS Bada termurah yang diluncurkan Samsung. Harganya tergolong sangat terjangkau, dengan harga sekitar 1,6 juta saja anda sudah mendapatkan sebuah smartphone dengan spesifikasi yang cukup lumayan.  Smartphone ini sudah dilengkapi dengan layar kapasitif yang mendukung multitouch, antar muka khas Samsung yaitu TouchWiz 3.0, dan desain yang cukup memukau. Hal ini dikarenakan Samsung memang memposisikan OS Bada sebagai smartphone untuk semua kalangan. Handset ini tersedia dalam 3 warna menarik.


Spesifikasi utama:
- GPRS/EDGE GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
- Layar sentuh TFT, kapasitif, 262ribu warna, resolusi 240 x 400 piksel, 3.2 inchi, mendukung    multitouch zoom, Antar-muka TouchWiz 3.0
- 3,2 MP, 2048x1536 pixels, perekam video beresolusi QVGA 15fps
- OS Bada 1.1
- memori internal 100MB, eksternal sampai dengan 16GB
- Wi-Fi 802.11 b/g/n , bluetooth 3.0
         Isi kotak/dus penjualan smartphone ini standar saja, seperti charger, kabel data, handsfree, kartu garansi, dan buku manual. Tidak terdapat CD driver maupun micro SD. Desain bagian depannya mirip dengan Galaxy S, dengan 3 tombol di bawah layar yaitu tombol hang on, tombol menu/back, dan tombol hang up. Bisa dibilang tampilannya lebih menarik daripada ponsel layar sentuh Samsung sebelumnya seperti Samsung Star. Bahan ponsel ini hampir seluruhnya terbuat dari bahan plastik glossy. Di bagian paling atas ada jack audio standar 3,5mm dan soket untuk charger atau kabel data. Soket ini dilindungi dengan penutup bersistem geser.
Bagian samping kanan ada tombol shortcut atau shutter kamera dan tombol on/off yang juga berfungsi sebagai pengunci layar.

Bagian samping kiri hanya ada tombol pengatur volume.

Bagian belakang terdapat kamera beresolusi 3.2 megapiksel dan loudspeaker di bagian bawahnya.

Layar smartphone ini berjenis TFT kapasitif, beresolusi 240x400, berkedalaman warna 262 ribu warna dan berukuran 3.2 inchi. Reproduksi warna yang dihasilkan smartphone ini cukup baik, dan tingkat kecerahan maupun kontrasnya juga sangat baik. Walaupun hanya beresolusi WQVGA (240x400) dan hanya berkedalaman 262 ribu warna, bisa dibilang layar ponsel ini terbaik di kelasnya. Saat digunakan di bawah terik matahari layar lumayan terlihat jelas. Sudut penglihatan (viewing angle) nya juga cukup baik.
        Antar muka Samsung GT-S5253 menggunakan antar muka khas Samsung yaitu TouchWiz 3.0, karena itu tampilan layar smartphone ini mirip sekali dengan Samsung Galaxy S maupun Samsung Wave pertama (S8500). Karena itu pengguna setia Samsung, khususnya yang familier memakai TouchWiz UI, dipastikan akan mudah terbiasa dengan antar muka smartphone ini. Lalu bagaimana dengan orang yang baru pertama kali memakai TouchWiz UI? Tenang saja, tampilan antar mukanya cukup simpel dan bersahabat karena petunjuk untuk melakukan pengaturan ada baik di homescreen maupun menu. Homescreen handphone ini mirip dengan homescreen milik OS Android, wallpaper bisa digeser-geser sampai dengan 3 layar. 3 layar ini dapat diisi dengan berbagai macam widget yang tersedia. 


Namun kita bisa menambah layar homescreen tidak terbatas pada 3 buah saja. Kita tinggal menambahkan widget ke layar, maka dengan sendirinya layar homescreen akan bertambah. Default widget yang tersedia cukup untuk menambah layar sampai 7 layar homescreen, bisa lebih jika kita menambah widget dengan mengunduhnya. Namun kinerja smartphone ini bisa menjadi lebih lambat bila kita menambahkan terlalu banyak widget. Jika kinerja smartphone ini menjadi lambat, kita bisa mengakses task manager dengan menahan tombol menu selama beberapa saat.
          Menu terdiri dari 3 kolom dan 5 baris, dengan baris paling bawah sebagai baris tetap yang ada dalam di homescreen maupun di setiap halaman. Ya, menu terdiri dari dua halaman, dan bahkan bisa lebih dari itu jika kita meng-instal aplikasi yang baru. Ikon-ikon yang terdapat dalam menu dapat dipindah sesuka hati, dengan menyentuh ikon kecil setting di pojok kiri menu, lalu kita tinggal menyentuh dan menahan ikon dan menggeserkannya. Input teks pada smartphone ini dapat menggunakan keypad, keyboard QWERTY virtual, handwriting recognition (full screen dan writing box). Namun karena smartphone ini sudah menggunakan layar kapasitif yang cukup responsif dan memiliki ukuran layar yang cukup besar, 3.2 inchi, direkomendasikan memakai keyboard QWERTY, karena penggunaan keyboard QWERTY sangat mudah dan kami jarang melakukan kesalahan pengetikkan, baik dalam mode portrait maupun landscape.
        Samsung GT-S5253 dipersenjatai dengan kamera 3.2 megapiksel (2048x1536 piksel), sayangnya tidak dilengkapi autofokus dan modus makro. Lampu flash juga tidak terdapat pada smartphone ini. Dengan tiadanya autofokus membuat kamera cepat sekali menangkap gambar, sehingga anda tidak kehilangan momen. Tapi jika memotret close-up, baru terasa perbedaannya antara yang memakai autofokus dan tidak. Gambar akan terlihat agak blur.Berikut contoh hasil kamera Samsung GT-S5253 dari www.teknoup.com.

       Antar muka kamera mirip sekali dengan ponsel Samsung lainnya, hal yang sama sekali tidak mengherankan. Fitur-fiturnya antara lain : Shooting mode (single, Smile shot, continous, panorama, mosaic, dan frame), Scene (Landscape, Night, Sport, Party/indoor, Beach/snow, sunset, dawn, color fall, fireworks, candlelight, Against the light), White balance (Auto, Daylight, Incandescents, Fluorescent, Cloudy), Timer (2,5,10 detik), Brightness (-2 sampai +2). Resolusi yang ada cukup banyak (3.2 MP, 2MP, 1.3MP, 0.1MP, wide 2.4MP, wide 1.5MP, dan wide 0.1MP), Lalu seperti biasa efek yang bisa ditambahkan adalah sepia, hitam putih, dan negatif. Ada juga exposure metering dan kualitas gambar. Kamera smartphone ini juga dilengkapi dengan Geo-Tagging karena mempunyai A-GPS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar