Minggu, 26 Desember 2010

Mobil Konsep MPV Suzuki R3

      Toyota Avanza dan Daihatsu saat ini menjadi duet (sekaligus duel) maut dalam percaturan pasar mobil murah atau entry level di Indonesia. Namun bisa jadi anda sudah bosan dengan model mobil kembar ini. Jika begitu, maka anda layak menunggu dan berharap model baru segera keluar, baik dari dua merk tersebut atau merk lain. Ada tawaran menarik dari Suzuki saat ini, walau masih berupa konsep. Mobil konsep Suzuki R3 pertama kali muncul saat ajang New Delhi Auto Expo (NDAE) 2010. Mobil konsep ini masuk kategori Multi purpose vehicle (MPV). MPV six-seater ini dibangun menggunakan platform SX4 tapi lebih panjang. Dikabarkan mobil ini menjadi rival Kijang Innova di India. Rencananya R3 akan diproduksi massal dalam kurun waktu antara 18-24 bulan.

        Maruti Suzuki yang merilis konsep R3 ini akan menghadirkan Multi Utility Vehicle (MUV) terbaru pada Januari 2012 mendatang. Pasar mobil keluarga di India yang cukup besar mendorong Maruti Suzuki mempersiapkan MUV yang diambil dari basis mobil konsep R3.


        Di Indonesia R3 pernah hadir di  International Motor Show (IIMS) 2010 di JIExpo, Kemayoran. Desainnya futuristik dengan menanggalkan pilar tengah dan sanggup memuat tujuh penumpang. Berita terbaru yang di dapat adalah “Suzuki R3 akan diproduksi dan diracik SIS awal 2012 mendatang,” ungkap Endro Nugroho, Direktur Marketing SIS. “Mudah-mudahan versi produksi massalnya bisa hadir di IIMS 2011,” harapnya. Untuk mesinnya akan menggunakan mesin baru dengan kapasitas 1.4 liter. Sedangkan banderol yang ditawarkan akan bersinggungan dengan harga Avanza-Xenia.
       Namun harus disadari bahwa kelak seandainya mobil ini diproduksi massal tentu desainnya tidak seperti ini. Akan ada banyak penyesuaian agar lebih realistis, terutama masalah harga yang sangat berpengaruh di pasar Indonesia.


1 komentar: